Kemajuan Teknologi Modern : Apa Saja Dampaknya bagi Perkembangan Dunia Perfilman Indonesia

Source : celebrities.id
Source : celebrities.id

Setelah membahas dampak kemajuan teknologi modern bagi dunia musik, saatnya membahas juga dampaknya pada perkembangan dunia perfilman Indonesia. Saat ini tanpa disadari dunia film Indonesia sudah cukup menunjukkan kemajuannya di era globalisasi dimana banyaknya film-film luar negeri mengambil perhatian warga Indonesia.

Beberapa Dampak Kemajuan Teknologi Modern pada Perkembangan Dunia Perfilman

Dewasa ini dunia perfilman Indonesia sedang disorot oleh masyarakatnya karena memberikan perkembangan yang signifikan. Hal tersebut karena penilaian dari setiap content creator film, mereka rela meluangkan waktunya melihat berbagai film Indonesia terbaru. Dimana ada kekurangan juga kelebihan tetapi sejauh ini cukup signifikan kemajuannya dan berikut dampaknya.

1. Kemudahan dalam Mempromosikan Film melalui Penilaian

Source : cnnindonesia.com
Source : cnnindonesia.com

Beberapa waktu belakangan ini sosial media memang diramaikan dengan banyaknya content creator mencoba mengutarakan penilaian setiap film Indonesia yang sempat viral di sosmed. Dari Pengabdi Setan 2 sampai Ivanna, yang keduanya adalah bergenre horror dan kelebihan genre Indonesia.

Selain itu juga ada film Mencuri Raden Saleh yang mendapatkan rating terbaik karena memang screenplay hingga pengambilan gambarnya juara. Nah tanpa disadari dengan adanya sosial media dan penilaian tersebut menjadiĀ  kemudahan dalam mempromosikan film karena membuat pengguna lainnya penasaran lalu ikut melihatnya di bioskop.

2. Memberikan Kemudahan Masyarakat Mencari Judul Terbaik

Kemajuan Teknologi Modern : Apa Saja Dampaknya bagi Perkembangan Dunia Perfilman Indonesia - RUANGUDARA.COM

Melalui penilaian itulah pada akhirnya memberikan kemudahan masyarakat mencari judul rekomendasi film terbaik yang sebaiknya mereka lihat di bioskop. Hal tersebut juga pada akhirnya membantu masyarakat tahu kualitas film yang akan ditontonnya nanti, sama saja seperti review nyata karena berupa video.

Meskipun film tersebut jelek, terkadang penilaian yang diberikan justru membuat beberapa pengguna penasaran dan akhirnya ikut melihatnya hanya untuk memastikan. Namun tanpa disadari hal tersebut juga sebagai bukti dunia perfilman Indonesia makin terangkat padahal sebelumnya, sulit bagi masyarakat tertarik karena tergiur film-film luar negeri.

3. Semakin Banyak Platform Streaming Film dengan Koleksi Film-film Indonesia

Kemajuan Teknologi Modern : Apa Saja Dampaknya bagi Perkembangan Dunia Perfilman Indonesia - RUANGUDARA.COM

Tidak ubahnya dengan musik, dunia perfilman Indonesia pun terbantu dengan adanya kemajuan teknologi karena semakin banyak platform streaming film dengan koleksi film-film Indonesia. Bahkan Netflix yang dikenal berbau luar negeri juga menyediakan banyak film Indonesia terbaru.

Hal tersebut tentunya membuat masyarakat tidak perlu harus melihat saat rilis itu juga di bioskop karena masih bisa menunggu keluar di platform streaming film seperti Netflix. Semakin banyak masyarakat melihat kualitas film lokal baik, makin tinggi juga kemungkinan film-film Indonesia lainnya naik nama dan ratingnya.

4. Banyak Lahirnya Bibit-bibit Aktor dan Artis Indonesia Terbaik

Source : adapada.com
Source : adapada.com

Semakin dikenal masyarakat Indonesia dengan karya-karya terbaiknya, disaat itulah nama-nama artis dan aktor pendatang baru juga ikut naik namanya. Hal tersebut pada akhirnya bisa melahirkan bibit pelakon film Indonesia terbaik, seperti Iqbal Ramadhan, Aghniny Haque, Angga Yunanda, Umay Shahab, Adinda Thomas, Ari Irham dan masih banyak lainnya.

Mereka semua sudah ikut terlibat dalam pembuatan film-film Indonesia terbaik dengan rating mengesankan, yaitu Mencuri Raden Saleh dan yang viral di sosial media KKN Desa Penari. Disitulah artis dan aktor yang cukup muda ternyata mempunyai bakat akting mengesankan.

5. Memberikan Kemudahan Film Indonesia masuk Pasar Luar Negeri

Source : pikiran-rakyat.com
Source : pikiran-rakyat.com

Jangan salah, sebenarnya jika ditelusuri lebih dalam banyak sekali film Indonesia yang berhasil masuk ke dalam Festival Film Cannes. Salah satu contohnya adalah Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, diperankan oleh pemain senior Indonesia Marsha Timothy di tahun 2017 silam.

Hal tersebut sebenarnya sudah memperlihatkan bahwa kualitas perfilman Indonesia sebenarnya bisa melebihi ekspektasi masyarakat yang sudah sering meremehkannya. Oleh sebab itu dengan adanya kemajuan teknologi itu pula dampaknya memberikan kemudahan film-film Indonesia masuk ke pasar luar negeri.

6. Proses Promosi Film Baru yang Lebih Mudah daripada Sebelumnya

Source : mediaindonesia.com
Source : mediaindonesia.com

Sudah sempat disinggung sebelumnya melalui penilaian setiap content creator, tetapi ada poin dimana film baru lebih mudah melakukan proses promosinya karena sosial media mempunyai jangkauan luas. Hal tersebut membuat cuplikan teaser filmnya sampai ke beberapa dunia hingga ketika sudah masuk ke dalam Netflix banyak penonton luar negeri melihatnya.

Jika menelusuri lebih dalam, keberadaan kemajuan teknologi memang cukup memberikan banyak dampak bagi segala bidang termasuk entertainment dari film hingga musik. Sudah terbukti melalui poin di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *